Type something and hit enter

By On
advertise here
Resep Cara Membuat Kue Pancong Enak Gurih Sederhana | Putrymala blogs - Cara Membuat Kue Pancong. Kue yang biasa di sebut sebagai salah satu kue khas tradisional dari tanah air kita kini sudah mulai punah di pasaran. Padahal sewaktu admin masih kecil, kue ini adalah salah satu macem kue yang admin suka banget. Karena harganya cukup murah membuat admin suka sekali membeli kue ini, eits jangan salah loh! meski harganya sangat terjangkau tetapi rasanya sungguh enak dan nikmatnya luar biasa loh, dengan di tambah gula pasir di atasnya semakin membuat kue ini menjadi mantabs lagi bersama di temani dengan segelas teh hangat maupun kopi hemmmm komplit sudah nih hidup hehe :) Tetapi di jaman sekarang ini sudah mulai susah mencari penjual kue pancong, nah maka dari itu admiin membagikan resep ini dalam bentuk tulisan sekiranya bisa bermanfaat dan untuk tetap melestarikan aneka jajanan atau pun makanan khas tradisional kita semua agar tetap eksis tak kalah oleh jaman.

Jika kita melihat sejarahnya, asal usul jajanan yang nikmat ini yakni kue pancong berasal dari sekitar wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dan untuk tempat aslinya kue tersebut masih belum jelas kota manakah yang menciptakan jajanan ini berasal. Jajanan yang enak dan gurih ini dinamakan sebagai Resep Kue Rangin, kue ini terbuat dari bahan utama tepung beras. Setiap dari pasti sudah pada tahu kan dengan kelezatan kue ini? dan tentunya cara membuatnya pun berbeda-beda setiap daerah punya keunikan masing-masing.

Sebenarnya sangat gampang sekali sih membuat kue pancong ini, di bawah akan admin kasih Resep Kue Pancong. Kue yang mempunyai berbagai nama yang berbeda-beda ini menjadi keunikan tersendiri, masyarakat di kepulauan bali menyebut kue ini dengan nama kue Daluman dan ada juga yang menyebutnya tratak jaran oleh masyarakat di daerah Bojonegoro, serta dari bandung sebutan kue ini yaitu kue badros.

Mungkin di daerah sobat semua masih ada penjualnya dan dengan gampang mendapatkan kue yang enak dan gurih ini, sepatutnya  anda bersyukur masih bisa dengan mudah mendapatkannya karena belum tentu di daerah lain ada penjual kue tersebut. Namun bagi sobat yang ingin menikmati kue pancong ini namun sangat sulit mencari penjualnya hemmm engga usah bingung yuk bikin sendiri aja di rumah. Cukup mudah kok membuat kue ini, dengan membuat sendiri di rumah sobat bisa sambil mengisi kekosongan waktu luang sobat yang kebetulan mempunyai waktu luang, tidak hanya itu loh siapa tahu aja nanti bisa di jadikan usaha kecil-kecilan dirumah bila di rasa kue buatan sobat ini enak. jika sobat yang gemar membuat kreasi aneka kue, cobain nih Resep Cara Membuat Kue Pancong Enak Gurih Sederhana berikut.

Resep Cara Membuat Kue Pancong Enak Gurih Sederhana

Resep Cara Membuat Kue Pancong Enak Gurih Sederhana

Resep Cara Membuat Kue Pancong Enak Gurih Sederhana

Bahan-bahan :

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung beras kualitas bagus kurang lebih sebanyak 300 gram saja.
  2. Gunakan tepung beras yang masih baru dan tidak apek. Jangan lupa saring dan ayak terlebih dahulu sebelum digunakan.
  3. Buah kelapa ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 buah saja. Gunakan kelapa yang tidak terlalu tua supaya rasanya lebih gurih kemudian parut.
  4. Santan yang diambil dari perasan buah kelapa asli kurang lebih sebanyak 650 ml saja. Bisa juga menggunakan santan instan, tetapi nanti rasanya kurang gurih.
  5. Garam dapur beryodium yang halus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  6. Gula pasir kualitas bagus secukupnya sesuai selera untuk bahan taburan diatasnya atau bisa juga menggunakan parutan keju, coklat atau lainnya.

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama adalah rebus santan yang akan digunakan sampai benar benar mendidih. Jangan lupa sambil diaduk aduk supaya kualitas santan bagus dan tidak pecah nantinya. Setelah matang diamkan sebentar supaya agak dingin baru dicampur dengan bahan lain.
  2. Ambil satu wadah cukup besar untuk adonannya dan masukkan tepung beras yang sudah diayak beserta garam dapur beryodium dan kelapa parutnya.
  3. Aduk aduk ketiga bahan diatas sampai benar benar tercampur rata.
  4. Tuang santan yang sudah direbus terlebih dahulu diatas ke dalam wadah adonan tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk supaya tercampur rata. Disarankan untuk mencampurnya dengan menggunakan tangan, tetapi boleh juga menggunakan alat bantu lainnya seperti sendok sayur.

Demikianlah informasi mengenai Resep Cara Membuat Kue Pancong Enak Gurih Sederhana yang bisa admin tulis dengan harapan semoga bermanfaat. Sangat mudah sekali bukan cara membuatnya, tinggal di tambah taburan gula di atasnya hemmm nyuummiii kue pancong pun pasti dalam waktu sekejap juga bisa habis hehe :) Terima kasih sudah berkunjung. Untuk Resep aneka jajanan lainnya sobat bisa mencoba Cara Paling Mudah Membuat Resep Cakwe Renyah Gurih Nikmat.

Click to comment