Type something and hit enter

By On
advertise here
Resep Cara Membuat Combro Goreng Renyah Enak Mudah Praktis | Putrymala blogs - Combro merupakan makanan tradisional khas Jawa Barat, merupakan kependekan dari oncom di jero dalam bahasa sunda yang artinya oncom di dalam, karena combro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat dan dibagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng. Makanan ini lebih enak disantap saat masih hangat (WIkipedia). Itulah sedikit penjabaran pengetahuan mengenai combro.

Makanan khas jawa Barat ini memang sudah sangat terkenal sekali di seluruh daerah di Indonesia, tidak hanya di Jawa Barat saja, di seluruh pelosok nusantarapun pastinya sudah pada tahu kan tentang makanan yang dibuat dengan cara di goreng ini?

Bagi anda yang ingin mencoba membuat sendiri Resep Cara Membuat Combro Goreng Renyah Enak Mudah Praktis, tepat sekali anda mengunjungi blog saya yaitu Putrymala blogs. Disini tersedia berbagai macam resep masakan, makanan, minuman yang super enak dan yang pasti gampang banget cara membuatnya seperti Resep Cara Membuat Pastel Goreng Gurih Kriuk Renyah Enak Banget dan masih banyak resep lainnya.

Pada postingan kali ini saya akan membahas resep cara membuat combro. Sesuai namanya makanan ini bagian dalamnya berisi oncom dan terbuat dari singkong dengan cara diolah bersama bumbu-bumbu yang pedas enak yang kemudian digoreng. Sehingga menghasilkan sebuah rasa yang sangat nikmat dan yang pastinya akan lebih menggoda lidah. Dari rasanya yang terkenal pedas tentu akan membuat siapapun orang yang memakannya bercucuran keringat yang bikin fresh dan yang pasti akan ketagihan setiap memakan combro. Tidak hanya enak dan lezat, combro juga mengandung banyak vitamin karbohidrat dan kaya akan protein sehingga sangat menyehatkan bagi tubuh.

Nah, setelah anda tau begitu menyehatkannya makanan yang satu ini, tentunya anda penasaran kan ingin mencoba Resep Cara Membuat Combro Goreng Renyah Enak Mudah Praktis. Ok berikut akan saya bagikan resepnya.

Resep Cara Membuat Combro Goreng Renyah Enak Mudah Praktis

Cara Membuat Combro Goreng Renyah Enak

Resep Cara Membuat Combro Goreng Renyah Enak Mudah Praktis

Bahan-bahan :
  • 1 kg singkong, parut hingga halus
  • 2 sdm tepung sagu atau kanji
  • 1 batang daun bawang, iris-iris kecil
  • 100 gram kelapa
  • secukupnya garam
  • secukupnya minyak goreng
Bahan-bahan isi :
  • 250 gram oncom, tumbuk halus
  • 1 batang daun bawang, cincang kecil
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah cabe merah
  • 1 sdt merica bubuk
  • secukupnya gula pasir
  • secukupnya garam

Cara membuat combro goreng renyah enak mudah praktis :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah Kupas singkong, kemudian cuci sampai bersih dengan menggunakan air bersih mengalir.
  2. Setelah bersih, parut singkong dan peras airnya. Ambil singkong dan buang airnya. Parut juga kelapa tua, kemudian campurkan dengan singkong yang sudah diparut tadi dan uleni.
  3. Setelah itu tambahkan tepung sagu atau kanji, masukkan irisan daun bawang dan juga garam secukupnya.
  4. Aduk-aduk adonan sampai merata. Tiriskan kembali, dan buang airnya.
  5. Persiapkan wadah lain untuk bahan isi combro. Haluskan semua isi bahan combro, seperti cabai merah, bawang putih dan bawang merah. Setelah halus, tumis hingga tercium aroma wangi sedap, kemudian campurkan oncom, merica, gula pasir, garam, dan daun bawang, masak dan tumis sambil diaduk-aduk sampai tercampur merata. Setelah matang, angkat dan sisihkan sejenak.
  6. Sementara itu untuk membuat combro, ambil adonan singkong yang dicampur dengan kelapa tadi sebanyak sekepal tangan, kemudian pipihkan dan tambahkan bahan isi combro tadi.
  7. Selanjutnya gulung adonan sampai tertutup rapat, dan bentuk adonan sampai berbentuk lonjong.
  8. Panaskan minyak dipenggorengan, dan goreng adonan yang sudah dibentuk lonjong tadi kedalam minyak yang sudah panas, lakukan sampai adonan habis. Angkat dan sajikan.

Baik, seperti itu lah kurang dan lebihnya informasi mengenai Resep Cara Membuat Combro Goreng Renyah Enak Mudah Praktis yang bisa saya bagikan untuk anda dalam bentuk tulisan yang saya buat kali ini dengan harapan semoga postingan ini dapat memudahkan dan juga dapat menjadi panduan anda. Ok, mungkin hanya itu saja informasi dari saya semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih sudah berkunjung.

Click to comment