Type something and hit enter

By On
advertise here
Resep Cara Membuat Rengginang Renyah Gurih Enak Berjuta Rasa | Putrymala blogs - Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari setelah kering baru bisa digoreng. Berbeda dengan kerupuk lainnya, jika kerupuk lainnya bahannya dihaluskan tetapi jika rengginang tidak dihaluskan, masih berbentuk butiran nasi atau ketannya masih tampak. Di Jawa Tengah panganan ini sama seperti intip, namun berbeda karena ukurannya. Jika intip terlihat lebih besar sementara rengginang memiliki ukuran yang lebih kecil dan mempunyai bentuk karena membuatnya dengan cetakan, tetapi jika intip tidak menggunakan cetakan (Wikipedia). Itulah sedikit berbagi pengetahuan mengenai rengginang..

Rengginang adalah makanan ringan atau cemilan tradisional khas indonesia yang terbuat dari bahan utama beras ketan, cemilan atau makanan ringan ini sudah ada sejak dulu kala. Rengginang merupakan camilan atau makanan ringan yang hampir sama dengan kerupuk karena memiliki rasa yang enak gurih dan renyah. Rengginang telah terkenal sejak dulu kala dan menjadi makanan ringan atau camilan yang sangat melegenda, cemilan ini sangat cocok untuk teman makan anda sebagai pengganti kerupuk. Karena rasanya yang enak, gurih dan renyah membuat rengginang ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia yang memang kebetulan sangat pas sekali dengan lidah orang Indonesia yang menyukai gurih dan renyah. Supaya anda tidak penasaran dan memang kebetulan ingin mencoba membuat rengginang sendiri dirumah, berikut akan saya bagikan resep dan cara membuat rengginang renyah gurih enak berjuta rasa.

Resep Cara Membuat Rengginang Renyah Gurih Enak Berjuta Rasa

Cara Membuat Rengginang Renyah Gurih Enak

Resep Cara Membuat Rengginang Renyah Gurih Enak Berjuta Rasa

Bahan-bahan :
  • 250 gr beras ketan
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 100 ml air
Bumbu Halus :
  • 1 sdt terasi bakar
  • 2 siung bawang putih

Cara membuat rengginang renyah gurih enak berjuta rasa :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah cuci bersih beras ketan terlebih dahulu dan rendam ke dalam air selama 1 jam.
  2. Selanjutnya kukus beras ketan kurang lebih selama 15 menit atau sampai setengah matang. Jika sudah, sisihkan sejenak.
  3. Kemudian campur seluruh bahan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Tambahkan gula pasir, garam dan air. Kemudian aduklah sampai semua bumbu tercampur rata.
  4. Rebus air sampai mendidih.
  5. Jika sudah, masukkan beras ketan. Aduk-aduk hingga meresap.
  6. Kukus ketan yang sudah diberi bumbu tadi kurang lebih selama 30 menit atau sampai matang.
  7. Jika sudah matang, angkat beras ketan dan bentuklah sesuai keinginan anda. Lakukan sampai habis.
  8. Kemudian keringkan atau jemurlah rengginang tersebut sampai benar-benar kering langsung dibawah sinar matahari.
  9. Bila sudah kering, berarti masuk ketahap penggorengan.
  10. Panaskan minyak kedalam penggorengan, tunggu sampai minyak benar-benar panas. Ingat!minyak yang anda gunakan harus banyak agar mendapatkan hasil yang sempurna.
  11. Gorenglah rengginang tersebut sampai matang terlihat mekar dan renyah. Angkat dan tiriskan. Lakukan sampia habis.
  12. Hidangkan, rengginang pun sudah siap untuk anda nikmati. Jika anda membuat dalam porsi banyak anda bisa menyimpannya didalam toples agar tetap renyah dan gurih.

Demikianlah informasi yang bisa saya tulis mengenai Resep Cara Membuat Rengginang Renyah Gurih Enak Berjuta Rasa dengan harapan semoga bermanfaat. Seperti yang sudah saya katakan di atas, bagaimana cara pembuatannya? mudah kan. Oh iya, sedikit tips dari saya, cemilan ini akan terasa lebih nikmat lagi jika sobat menikmatinya saat sedang bersantai dan berkumpul bersama keluarga tercinta. Terima kasih sudah berkunjung. Selamat mencoba dan selamat menikmati hasilnya. Untuk resep sederhana lainnya kalian bisa mencoba Resep Cara Membuat Combro Goreng Renyah Enak Mudah Praktis. Besar harapan saya jika kalian meninggalkan kritik dan saran untuk resep diatas.

Click to comment