Type something and hit enter

By On
advertise here
Resep Cara Membuat Lontong Sayur Enak Gurih Praktis | Putrymala blogs - Lontong adalah makanan khas Indonesia yang berkembang di masyarakat Jawa, terbuat dari beras yang dibungkus dalam daun pisang dan dikukus di atas air mendidih selama beberapa jam. Umumnya lontong disajikan dengan sate, rujak, atau gulai kambing. Karena direbus dalam daun pisang, lontong dapat berwarna hijau di luar, sementara berwarna putih di dalamnya, lontong juga dapat menjadi makanan alternatif pengganti nasi dan memiliki aroma yang khas (Wikipedia). Itulah sedikit berbagi pengetahuan mengenai lontong.

Untuk kalian yang sibuk bekerja dan tidak mempunyai banyak waktu luang untuk mempersiapkan sarapan buat keluarga tercinta dirumah tidak usah khawatir, karena disetiap pinggir jalan deket rumah kalian pasti banyak yang menjajakan menu makanan ini. Pasti kalian sudah tau kan dengan masakan yang satu ini. Yups, selain nasi uduk, lontong sayur pun bisa menjadi pilihan yang sangat cocok untuk menjadi menu sarapan dipagi hari ini ditambah dengan kuah sayurnya yang nikmat pasti akan membuat selera napsu makan kalian semakin terggugah lagi. Menu ini juga bisa menjadi menu sarapan pagi andalan kalian yang sederhana namun sungguh enak dan nikmat serta banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Lontong sayur enak yang kita kenal ini terbagi menjadi beberapa macam, mulai dari lontong sayur Betawi, lontong sayur Medan, lontong sayur Padang, lontong sayur Bandung, ketupat sayur dan yang lainnya. Lantas apakah kalian sudah tahu apa resepnya dan bagaimana cara membuatnya ?

Resep dan cara membuat lontong sayur sebenarnya tidak jauh berbeda dengan resep cara membuat ketupat sayur. Hanya saja yang membuat perbedaan ialah terlihat dari bentuknya, bentuk lontong dibuat agak memanjang dan lebih teksturnya lembek dibandingkan dengan ketupat yang dibuat bentuk kotak dan teksturnya agak sedikit padat. Sebenarnya sih menu makanan ini bisa dinikmati dari segala waktu dan tidak untuk sarapan saja, makanan ini identik dengan acara yang spesial contohnya halal bihalal, arisan keluarga maupun acara yang lainnya. Biasanya makanan ini ditemani dengan kerupuk. Penasaran ? berikut saya akan bagikan resep dan cara membuat lontong sayur enak gurih praktis.

Resep Cara Membuat Lontong Sayur Enak Gurih Praktis

Resep Cara Membuat Lontong Sayur

Resep Cara Membuat Lontong Sayur Enak Gurih Praktis

Bahan-bahan :
  • 600 gram labu siam, potong kecil memanjang atau sesuai selera
  • 300 gram kacang panjang, potong-potong sesuai selera
  • 400 gram udang, kupas kulitnya
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang serai. memarkan
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 1,5 ml santan
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis
Bumbu Halus :
  • 6 siung bawang merah
  • 3 buah lombok merah atau sesuai selera
  • 3 butir kemiri, sangrai terlebih dahulu
  • 5 siung bawang putih

Cara Membuat Lontong Sayur Enak Gurih Praktis :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan ialah panaskan minyak terlebih dahulu diatas penggorengan, setelah itu tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi sambil aduk-aduk sampai mengeluarkan aroma harum aduk sampai merata, lau masukkan serai, daun salam dan lengkuas, aduklah kembali sampai bumbu benar-benar tercampur rata.
  2. Kemudian masukkan udang, labu siam dan kacang panjang yang telah dipotong-potong, aduk-aduk lagi sampai tercampur rata dan menjadi agak sedikit layu.
  3. Selanjutnya masukkan santan dan sedikit air kedalamnya, aduk-aduk lagi hingga mendidih.
  4. Langkah terakhir tambahkan garam dan gula secukupnya atau sesuai selera kalian, cicipi terlebih dahulu, jika rasanya sudah benar-benar pas. Angkat dan sajikan.
  5. Lontong sayur siap untuk dihidangkan, santaplah selagi masih hangat.

Demikianlah informasi yang bisa saya tulis mengenai Resep Cara Membuat Lontong Sayur Enak Gurih Praktis dengan harapan semoga bermanfaat. Seperti yang sudah saya katakan di atas, bagaimana cara pembuatannya? mudah kan. Oh iya, sedikit tips dari saya, makanan ini akan terasa lebih nikmat lagi jika sobat menikmatinya saat sedang berkumpul bersama keluarga tercinta. Terima kasih sudah berkunjung. Selamat mencoba dan selamat menikmati hasilnya. Untuk resep sederhana lainnya kalian bisa mencoba Resep Cara Membuat Orek Tempe Kering Super Enak Mudah Banget. Besar harapan saya jika kalian meninggalkan kritik dan saran untuk resep diatas.

Click to comment