Type something and hit enter

By On
advertise here
Resep Membuat Pisang Molen - Pisang molen adalah aneka jajanan atau gorengan yang terbuat dari bahan utama pisang yang digoreng dan diselimuti kulit molen yang memberikan cita rasa yang lezat dan enak, sehingga tidak sedikit orang yang suka dengan pisang molen ini, apa lagi yang sudah hobi mengemil hehe. Tentunya sudah pada tau dong dengan jajanan ini? jajanan atau gorengan ini sudah sangat terkenal sekali dipulau jawa bahkan sampai diseluruh pelosok negeri ini.

Saking terkenalnya mencari aneka jajanan atau gorengan ini tidaklah sulit, banyak sekali kita temukan pisang molen ini di pinggir-pinggir jalan deket rumah kita yang dijual oleh abang-abang pedagang gorengan. Namun alangkah lebih baik lagi bila kita membuat pisang molen sendiri di rumah, selain lebih higenis dan bersih kita juga bisa memilih sendiri bahan-bahan yang berkualitas baik. Belom tentu loh apa yang dijual abang-abang dipinggir jalan tuh semuanya bersih dan higenis. Maka dari itu lebih baik membuat sendiri dirumah, selain lebih higenis anda juga bisa kumpul terus bareng bersama keluarga dirumah. Karena dengan kita sering kumpul bersama keluarga dapat membuat kebahagiaan dan keharmonisan yang sangat luar biasa indahnya.

Bagi yang ingin mencoba membuat sendiri dirumah namun belum tau bagaimana cara membuatnya dan apa saja  bahanya? tenang, disini sudah saya tulis cara membuat pisang molen beserta bahannya dengan jelas dan lengkap. Untuk membuat pisang molen yang enak dan lezat, saran saya sih agar menggunakan pisang raja yang sudah masak tetapi jangan terlalu matang juga, jika pisang raja tidak ada anda juga bisa menggunakan pisang apa saja sesuai selera masing-masing. Baik, langsung saja bila anda sudah tidak sabar lagi untuk segera membuat pisang molen sendiri dirumah silahkan untuk lebih jelasnya simak detail lengkap tentang Resep Membuat Pisang Molen diberikut.

Resep Pisang Molen Sederhana Dan Cara Membuatnya, Resep Cara Membuat Pisang Molen Renyah - ResepUmi.com, Resep Pisang Molen Renyah dan Gurih,

Pisang Molen

Resep Cara Membuat Pisang Molen Yang Enak Dengan Praktis

Bahan-bahan :

  • 16 buah pisang (pisang apa aja sesuai selera) yang sudah masak, tapi jangan terlalu matang
  • 500 gr tepung terigu berkualitas bagus (sudah di ayak)
  • 2 sdt baking powder berkualitas bagus
  • 120-1140 gr gula bubuk atau gula halus
  • 2-3 butir telur ayam ukuran sedang besar
  • 2 sdm air matang (secukupnya)
  • 130-140 gr margarin berkualitas bagus
  • Secukupnya minyak goreng

Cara Membuat Pisang Molen :

  1. Siapkan terlebih dahulu wadah yang cukup besar untuk tempat adonan.
  2. Masukkan tepung terigu, gula bubuk dan baking powder. Aduk-aduk sebentar menggunakan sepatula agar semua bahan tercampur secara merata.
  3. Ayaklah semua bahan tadi agar kotoran yang mungkin menempel bisa hilang.
  4. Tambahkan telur ayam dan margarin ke dalam adonan diatas. Aduk-aduk semua bahan agar tercampur rata dan menjadi menggumpal.
  5. Tuangkan air matang sedikit demi sedkit sambil di aduk. Uleni dengan tangan saja supaya hasilnya lebih maksimal, lakukan sampai semua bahan tercampur rata dan kalis.
  6. Langkah selanjutnya yaitu membentuk adonan kulit molen. Untuk membentuk kulit molen ini sebaiknya menggunakan gilingan mie atau roller pin agar hasilnya lebih bagus dan maksimal, tetapi kalau tidak ada gilingan mie, anda juga bisa menggunakan botol hanya saja agak sulit untuk mendapatkan ukuran yang di inginkan.
  7. Gilinglah adonan sampai membentuk kulit molen yang sesuai dengan selera anda.
  8. Kemudian potong dengan lebar kurang lebih 1-1.5 cm atau sesuai selera anda.
  9. Kupas kulit pisang dan potong menyerong menjadi dua bagian.
  10. Tutupi dan selimuti pisang dengan kulit molen yang sudah kita buat tadi hingga semua bagian tertutup rata. Lakukan sampai semua pisang habis.
  11. Panaskan minyak goreng didalam penggorengan. Agar hasilnya lebih bagus dan cantik sebaiknya beri minyak agak banyak ke dalam penggorengan. Tunggu hingga minyak benar-benar panas.
  12. Setelah minyak panas, goreng lah pisang molen sambil terus dibolak-balik agar matang secara merata dan kulit molennya tidak gosong.
  13. Setelah warnanya berubah kuning kecoklatan. Angkat dan sajikan.
  14. Pisang molenpun sudah siap untuk di hidangkan dan disantap.
Sekarang anda sudah bisa membuat pisang molen sendiri dirumah dengan mudah, sedikit tips dari saya. Jika dirasa dengan 16 buah pisang terlalu banyak, anda juga boleh ko mengurangi lagi pisangnya, dan kalau adonan kulit molennya lebih sebaiknya anda simpan dilemari pendingin yang tertutup rapat selama 20 hari.

Cemilan yang pas untuk keluarga dirumah, bisa dinikmati sambil santan ataupun menonton telvisi. Ada keuntungan tersendiri loh membuat molen sendiri dirumah tanpa harus membeli, selain menambah wawasan seputar dunia masak atau siapa tau aja ini adalah salah satu lahan bisnis/usaha yang bisa anda kembangkan untuk mendapatkan penghasilan lebih (bila apa yang kita buat ini memang enak). Ok itulah sedikit motivasi dari saya, Semoga artikel ini bisa dengan mudah anda mengerti. selamat mencoba dan selamat berkreasi hehe.

Click to comment