Type something and hit enter

By On
advertise here
Resep Cara Membuat Es Kelapa Muda Segar Berkhasiat | Putrymala blogs - Kelapa adalah  anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan yang satu ini hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan sehingga tumbuhan ini dapat dikatakan sebagai tunbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Tumbuhan ini berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia. Tumbuhan dapat tumbuh hingga ketinggian 1.00 m dari permukaan laut, namun seiring dengan meningkatnya ketinggian maka akan mengalami pelambatan pertumbuhan.

Kelapa adalah pohon serbaguna bagi masyarakat tropika. Hampir seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan, mulai dari kayu atau batangnya bisa dipakai sebagai bahan bangunan yakni bisa dijadikan papan untuk rumah, kemudian daunnya dipakai untuk atap rumah setelah dikeringkan dan bisa juga dipakai untuk anyaman dalam pembuatan ketupat serta dapat dibuat berbagai bentuk hiasan yang sangat menarik lainnya. Tangkai anak daun bisa dipakai untuk membuat sapu lidi, tandan bunga yang massih muda dapat dipakai orang untuk hiasan dalam upacara perkawinan dengan simbol tertentu.

Inilah yang paling bernila ekonomi yaitu buahnya. Mulai dari batok untuk bahan bakar dan bisa juga dijadikan gayung, wadah minuman dan bahan baku berbagai kerajinan tangan. Kemudian airnya bisa menjadi minuman segar yang berkhasiat penetral racun dan efek penyegar/penenang, beserta daging buah kelapa berwarna putih yang membuat es kelapa muda semakin lebih nikmat (Wikipedia). Itulah berbagi pengetahuan tentang kelapa.

Segarnya menikmati es kelapa muda di siang hari tentu akan menambah semangat anda untuk bekerja, minuman segar pelepas dahaga ini sangat cocok sekali untuk anda nikmat, tidak hanya segar, minuman ini sangat memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita semua. Minuman ini biasanya identik dengan minuman untuk berbuka puasa, karena seharian penuh kita menahan lapar dan haus tentu tubuh kita sangat membutuhkan makanan dan minuman yang memberika asupan gizi yang baik. Salah satunya minuman es kelapa ini bisa mengembalikan cairan yang hilang dalam tubuh anda selama berpuasa.

Sebaiknya untuk membuat es kelapa yang segar dan nikmat ini yang harus anda perhatikan adalah memilih buahnya. Pilihlah buah kelapa yang masih muda dan segar, karena jika sudah tua maka akan menghasilkan rasa yang tidak sesuai.

Berikut akan saya bagikan cara memilih buah kelapa yang masih segar dan bagus. Pertama pilihlah kelapa yang masih muda, caranya dilihat dari tangkainya yang masih terlihat lentur dan segar, tangkai yang sudah layu itu artinya buah sudah dipetik cukup lama dan bisa menjadi agak tua. kemudian dengan menepuk-nepuk pada bagian sabut, jika menghasilkan suara yang berat itu artinya kelapa masih muda dan segar, hal ini disebabkan karena air kelapa didalamnya masih sangat banyak dan jika menghasilkan bunyi yang nyaring itu artinya kelapa sudah tua. Penasaran ? berikut akan saya bagikan resep dan cara membuat es kelapa muda segar berkhasiat.

Resep Cara Membuat Es Kelapa Muda Segar Berkhasiat

Resep Cara Membuat Es Kelapa Muda Segar Berkhasiat

Resep Cara Membuat Es Kelapa Muda Segar Berkhasiat

Bahan-bahan :
  • 200 gr kelapa muda, serut memanjang
  • 400 ml air kelapa muda
  • 100 gr rumput laut
  • 500 gr es serut
  • 100 gr gula merah, serut, larutkan dengan air hangat
  • Secukupnya sirup
Bahan Pelengkap :
  • 5 buah leci
  • 1 buah jeruk (sebagai penghias)

Cara membuat es kelapa muda segar berkhasiat :

  1. Langkah pertama yang harus di lakukan adalah siapkan 3-5 buah gelas atau berapapun anda mau heee :) kemudian susunlah kelapa muda, buah leci dan juga rumput laut ke dalam gelas.
  2. Selanjutnya masukkan air kelapa muda, es serut dan larutan gula merah. Agar lebih nikmat lagi beri sedikit sirup. Selesai.
  3. Es kelapa muda siap disajikan.

Demikianlah informasi yang bisa saya tulis mengenai Resep Cara Membuat Es Kelapa Muda Segar Berkhasiat dengan harapan semoga bermanfaat. Bagaimana cara pembuatannya menurut anda ? mudah kan. Oh iya, sedikit tips dari saya agar es kelapa muda yang anda buat semakin menarik dan lebih meriah lagi, anda juga bisa menambahkan bahan-bahan pelengkap lainnya yang anda sukai seperti manisan kolang-kaling yang diiris tipis, biji selasih, cincau hitam, dan lain sebagainya. Jika akan langsung disajikan, anda bisa menggunakan es serut, sehingga tampilan es kelapa anda lebih bagus.Akan terasa lebih nikmat lagi jika sobat menikmatinya saat sedang bersantai dan berkumpul bersama keluarga tercinta. Terima kasih sudah berkunjung. Selamat mencoba dan selamat menikmati hasilnya..

Click to comment