Type something and hit enter

By On
advertise here
Resep Mudah Cara Membuat Puding Lapis Alpukat Santan Enak Praktis | Putrymala blogs - Puding adalah nama untuk berbagai hidangan penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Istilah puding juga dipakai untuk berbagai jenis pai berisi lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang. Puding dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu. Tepung puding instan memudahkan orang membuat puding karena hanya perlu dicampur susu atau air panas. Di Indonesia terdapat berbagai jenis puding rasa tradisional yang memakai kelapa muda, gula merah, santan, tapai ketan hitam, atau campuran daun suji dan daun pandan. Buah-buahan yang dipakai untuk puding misalnya: jeruk, nanas, sirsak, mangga, markisa atau alpukat.

Puding berasal dari bahasa Perancis, boudin yang berarti "sosis darah", Istilah pudding digunakan oleh bangsa Eropa pada abad pertengahan untuk hidangan yang terbuat dari daging yang dibungkus.
Tidak semua puding rasanya manis, suet pudding (puding lemak) adalah jenis puding yang berisi daging sapi yang dibungkus adonan pai dari tepung terigu bercampur lemak domba atau lemak sapi.
Di Britania Raya, istilah pudding sering digunakan untuk hidangan penutup yang dibuat dari telur dan tepung, serta dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang (Wikipedia). Demikian sedikit berbagi pengetahuan tentang puding.

Puding alpukat yang sungguh enak ini terbuat dari agar-agar yang dipadukan dengan bahan lainnya seperti telur, santan, gula pasir dan lain lain yang tentunya ini akan membuat cemilan anda lebih enak dan seru lagi. Penasaran ? bagaimana serunya membuat puding alpukat sendiri dirumah. Baik, berikut saya akan membagikan resep dan cara membuat puding lapis alpukat santan.

Resep Mudah Cara Membuat Puding Lapis Alpukat Santan Enak Praktis

Cara Membuat Puding Enak Praktis

Resep Mudah Cara Membuat Puding Lapis Alpukat Santan Enak Praktis

Bahan-bahan terbagi menjadi 2 lapisan

Bahan lapisan pertama :
  • 1 sachet agar-agar bubuk putih
  • 300 gr buah alpukat
  • 800 cc santan kelapa
  • 120 gr gula pasir
  • 2 ½ sdm gula pasir
  • ¼ sdt garam halus
  • 2 lembar daun pandan
Bahan lapisan kedua :
  • 2 sachet agar-agar bubuk putih
  • 200 gr gula pasir
  • 1.5 liter santan kelapa
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 tetes pewarna merah
  • garam halus secukupnya

Cara membuat Puding Alpukat :

  1. Langkah pertama haluskan alpukat dengan campuran 2 ½ sendok makan gula pasir dengan menggunakan blender sampai benar-benar halus. Sisihkan dahulu.
  2. Kemudian buat adonan puding pertama dengan mencampurkan gula pasir, agar – gar putih, santan kelapa dan daun pandan aduk hingga merata dan gula pasir larut.
  3. Selanjutnya letakan diatas kompor yang menyala dan rebus sampai mendidih sambil diaduk-aduk.
  4. Tambahkan alpukat yang telah dihalusan aduk hingga merata dan biarkan mendidih kembali.
  5. Angkat dan biarkan dingin dalam suhu ruangan.
  6. Jika sudah dingin ambil cetekan puding dan masukan adonan puding kedalam loyang tersebut.
  7. Berikutnya buat adonan puding yang kedua dengan cara menyiapkan satu wadah kemudian masukan agar – agar bubuk putih, garam halus, santan kelapa, daun pandan dan gula pasir aduk hingga rata dan masak hingga mendidih.
  8. Jika sudah matang bagi adonan menjadi 2 bagian yang satu bagian diberi pewarna makanan merah dan yang kedua biarkan alami tanpa pewarna.
  9. Setelah itu tuangkan adonan yang telah diberi pewarna kedalam loyang yang telah berisi adonan puding pertama dan biarkan sedikit mengeras.
  10. Kemudian tuangkan pula adonan puding yang tidak diberi pewarna kedalam loyang tadi.
  11. Jika sudah biarkan dingin dalam suhu ruangan dan mengeras.
  12. Bila sudah mengeras siap untuk dihidangkan.

Seperti itu lah kurang dan lebihnya informasi mengenai Resep Mudah Cara Membuat Puding Lapis Alpukat Santan Enak Praktis yang bisa saya bagikan dalam bentuk tulisan yang saya buat kali ini dengan harapan semoga postingan ini dapat memudahkan serta dapat menjadi panduan anda. Ok, mungkin hanya itu saja informasi dari saya semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih sudah berkunjung.

Click to comment