Type something and hit enter

By On
advertise here
Resep Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah Manis Super Lembut | Putrymala blogs - Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon dibalut dengan parutan kelapa. Di Sumatera dan Malaysia, klepon disebut dengan onde-onde, sedangkan di Jawa onde-onde itu adalah makanan yang sama berbentuk bebola namun isian dalamnya berisi kacang hijau yang bagian luarnya dibaluri wijen. Klepon biasa disajikan dengan geuk dan cenil, sebagai cemilan di pagi atau sore hari, warna klepon biasanya berwarna hijau dan putih tergantung selera, untuk warna hijau perlu ditambahkan bahan pewarna dari daun pandan atau daun suji (Wikipedia). Itulah sedikit berbagi pengetahuan tentang klepon.

Kue klepon adalah salah satu aneka macam kue jajanan pasar yang khas dari negara kita Indonesia. Dari teksturnya yang lembut dan rasanya yang enak membuat kue klepon ini banyak digemari oleh masyarakat, karena terbuat dari bahan tepung beras ketan dan biasa disajikan dengan parutan kelapa membuat kue ini terasa lebih nikmat dan sangat lembut pada saat dimakan, tidak hanya lembut saja, yang lebih mengasikan lagi dari kenyalnya itu loh yang membuat sensasi seru dimulut.

Kue klepon terbagi menjadi dua jenis yaitu kue klepon yang terbuat dari bahan dasar tepung ketan dan satu lagi kue klepon yang terbuat dari bahan dasar ubi. Namun resep kue klepon yang akan saya bagikan kali ini adalah kue klepon yang terbuat dari tepung beras ketan dan dicampur dengan sedikit tepung beras. Baik, untuk lebih jelasnya silahkan simak resep cara membuat kue klepon isi gula merah manis super lembut berikut ini.

Resep Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah Manis Super Lembut

Resep Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah Manis Super Lembut

Resep Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah Manis Super Lembut

Bahan-bahan :
  • 50 gr tepung beras
  • 450 gr tepung beras ketan
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 1 lembar daun pandan
  • gula merah secukupnya (disisir halus)
  • air secukupnya
  • pasta pandan secukupnya
Bahan Pelengkap :
  • kelapa parut untuk taburan

Cara Membuat Kue Klepon :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah campurkan tepung beras ketan dan tepung beras dalam satu wadah, kemudian aduk-aduk sampai tercampur rata.
  2. Selanjutnya masukkan pasta pandan secukupnya kedalam campuran tepung tadi, aduk kembali sampai tercampur rata.
  3. Kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan pas.
  4. Selanjutnya bentuk bulat-bulat adonan seperti bola kecil yang sudah diuleni sampai kalis dan beri isi gula merah pada bagian tengahnya. Lakukan sampai adonan pas.
  5. Rebus adonan yang sudah dibentuk bulat seperti bola tadi ke dalam air yang mendidih sampai benar-benar matang.
  6. Sambil menunggu adonan matang, campurkan kelapa parut dengan sedikit garam untuk bahan taburan.
  7. Setelah klepon matang. Angkat dan tiriskan kemudian gulingkan dengan parutan kelapa tadi.
  8. Kue klepon yang lembut siap disajikan.

Demikianlah informasi yang bisa saya tulis mengenai Resep Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah Manis Super Lembut dengan harapan semoga bermanfaat. Bagaimana resep dan cara pembuatannya diatas? mudah kan. Oh iya, sedikit tips dari saya, cemilan ini akan terasa lebih nikmat lagi jika anda menikmatinya saat sedang bersantai dan berkumpul bersama keluarga tercinta. Terima kasih sudah berkunjung. Selamat mencoba dan selamat menikmati hasilnya. Untuk minumannya anda bisa mencoba Resep Cara Membuat Es Kelapa Muda Segar Berkhasiat. Besar harapan saya jika kalian meninggalkan kritik dan saran untuk resep diatas.

Click to comment